Reasons to Stay Alive

Judul : Reasons to Stay Alive

Penulis : Matt Haig

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman : 259

 

Ada seekor kadal di dekat kaki saya waktu itu. Kadal sungguhan. Saya merasa seolah sedang dihakimi. Masalahnya, tidak ada kadal yang bunuh diri. Semua kadal adalah penyintas. Kalau ekor mereka putus, ekor itu akan tumbuh lagi. Mereka bukan hewan yang suka bersedih-sedih. Mereka tidak pernah depresi. Mereka melanjutkan hidup dengan santai betapa pun keras dan sulit keadaannya. Lebih dari apa pun, saya ingin menjadi kadal itu.

Continue reading

The Life Changing Magic of Tidying Up

Judul : The Life Changing Magic of Tidying Up

Penulis : Marie Kondo

Penerbit : Bentang Pustaka

Jumlah Halaman : 206

Fungsi sejati hadiah adalah untuk diterima. Hadiah bukan “benda”, melainkan sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

Itu adalah salah satu quote yang membekas sekali di pikiran saya selagi membaca buku karya Marie Kondo yang satu ini. Tentu saja bukan itu inti yang ingin disampaikan Marie di sini, tapi kalimat itu membuat saya berpikir, seberapa banyak sih benda yang kita simpan dan kita jaga hanya karena itu merupakan pemberian orang lain? Padahal sejatinya, benda itu jarang sekali atau bahkan tidak pernah kita gunakan. Kita hanya menyimpannya karena merasa tidak enak pada si pemberi kalau membuang atau memberikan hadiah tersebut kepada yang lain.

Continue reading